OLEH:
M. NASIR PARIUSAMAHU, PENULIS BUKU OPTIMISME MEMBANGUN BANGSA & KETUA KAMMI DAERAH KOTA AMBON 2013-2015
“BIARKAN KAMI
BERJUANG HINGGA KAMI DIPISAHKAN DENGAN KIAMAT”. BILA KITA MENELAAH SEJARAH
BANGSA INDONESIA, MAKA KITA AKAN MENEMUKAN SOSOK-SOSOK INTELEKTUAL JALANAN DI BERBAGAI ERA. ERA TERSEBUT TELAH MENEBARKAN ASA UNTUK KELUAR DARI
KUKUNGAN PENJAJAH ASING. MAKA USIA INTELEKTUAL INI PUN BERBEDA DI BERBAGAI ERA.
ADA YANG BERJIHAD/ BERJUANG DENGAN PENA. NAMUN YANG LEBIH BANYAK DIKENAL PUBLIK
DAN MEMBUAT PEKA UNTUK SUATU PERUBAHAN
ADALAH MEREKA YANG TURUN KE JALAN. TREN DARI AKSI-AKSI JALANAN MEREKA SANGATLAH
BERBEDA ENDINGNYA. ADA YANG BERAKHIR DENGAN KEMATIAN, BENTROKAN, ANARKIS
ATAUPUN DAMAI. WARNA-WARNA ITULAH YANG MEMBUAT PERGANTIAN SEJARAH DI NEGERI
INI. PASCA KEMERDEKAAN, TRED PERJUANGAN MEREKA ADALAH MELAWAN KOMUNISME, TAHUN
50-AN ADALAH TREND KONSOLIDASI SECARA IDEOLOGIS, LALU ANTI OTORIATERISME DI ERA
SUKARNO, JUGA KEBANGKITAN PEMIKIRAN ISLAM DI TAHUN 70-AN YANG SECARA
BERSAMBUNGAN MENJADI POLEMIK ISLAM VS SEKULARISASI SEHINGGA DI TAHUN 90-AN KAJIAN-KAJIAN
DAKWAH MAHASISWA PUN DIPAYUNGI OLEH LEMBAGA KAMPUS DAN KAMPUS MULAI TERBUKA,
SEHINGGA MOMENTUM YANG DIDAPATKAN ADALAH PEMBENTUKAN ICMI (IKATAN CENDIKIAWAN
MUSLIM) OLEH B.J HABIBIE, AMIN RAIS DLL.
MENJELANG TAHUN 2000-AN GEJOLAK KAUM JALANAN INI MAKIN MASIF DAN MEREBUT
MOMENTUM PERUBAHAN. PERUBAHAN ITULAH YANG KITA KENAL DENGAN GERAKAN REFORMASI.
SEHINGGA KITA DAPAT MENYIMPULKAN BAHWA GERAKAN SEMACAM INI DAPAT DIARTIKAN DALAM DUA HAL, PERTAMA,
BAHWA BREAKDOWN AKSI DEMONTRASI MAHASISWA SELALU BERDAMPAK PADA
PERUBAHAN KEBIJAKAN PEMERINTAH, KEDUA, DI PERTENGAHAN HINGGA PENGHUJUNG TAHUN
2000-AN TERJADI MOBILITAS VERTIKAL GERAKAN MAHASISWA DAN ALUMNINYA KE LEVEL
ELIT KEKUASAAN. DAN KAMMI MENGALAMI KEDUANYA. BAIK SEBAGAI ORGAN AKSI MAUPUN
ALUMNINYA YANG MELAKUKAN MOBILITAS VERTIKAL.
TRED HIDUP
GERAKAN MAHASISWA INILAH YANG MENDASARI GERAKAN KAMMI HARUS SENANTIASA DINAMIS
UNTUK MENGAMBIL SETIAP MOMENTUM YANG ADA. KEMESTIAN MEREBUT NEGERI INI UNTUK
DIJADIKAN SEBAGAI NEGERI YANG “INDONESIA RAYA” ADALAH HARGA MATI. SIAP DAN
TIDAK BUKAN BAHASA PILIHAN. SEBAB KETIKA KITA MEMPUNYAI CITA-CITA YANG BESAR
DIPERTEMUKAN DENGAN TAKDIR TUHAN, MAKA SEBUAH KENISCAYAAN AKAN BERUBAH MENJADI
KEPASTIAN. METAMORFOSIS GERAKAN KAMMI TERUS DILAKUKAN UNTUK PERBAIKAN NEGERI INI. SECARA
TEORITIS 6 MIHWAR GERAKAN KAMMI TETAPLAH
MENJADI RUH PERJUANGAN PARA KADERNYA. RUH MIHWAR YANG DIAMBIL
DARI HASIL KOMTEMPLASI PRINSIP GERAKAN KAMMI OLEH RIJALUL IMAM, S.HUM., M.SI
(PENULIS & KETUA UMUM PP KAMMI 2009-2010) GAGASAN BELIAU INILAH YANG
MENURUT PENULIS ADALAH RUMUSAN BESAR UNTUK
MEMBANGUN KEMBALI KEJAYAAAN BANGSA INDONESIA. SEHINGGA KITA TIDAK LAGI
SEKEDAR MEMIKIRKAN PERSOALAN KITA DI DALAM NEGERI TETAPI JUGA BERPIKIR UNTUK
MEMBANTU SAUDARA-SAUDARA KITA YANG ADA DI LUAR SANA SEBAGAI SEBUAH NEGARA
BESAR. DAN ITU ADALAH BAHASA BARU UNTUK INDONESIA DI MASA MENDATANG.
OLEHNYA ITU,
SEBAGAI PENGAMBIL PERAN BESAR INI. KAMMI HARUS TERUS MENGKONTRUKSI
KADER-KADERNYA GUNA MENINGKATKAN
KEAHLIAN DALAM ASPEK BIDANG YANG SESUAI DENGAN KOMPETENSINYA. HASIL DARI AGENDA
REKONTRUKSI INILAH YANG AKAN MAMPU MEMBANGUN NASIONALISME BARU, INDONESIA BARU.
SEJAK
KELAHIRANNYA BEBERAPA TAHUN SILAM, KAMMI
TERUS MENEGASKAN PERAN DAN TUGASNYA MENJADI BAGIAN INTEGRAL , YANG TAK
TERPISAHKAN DARI AGENDA KERAKYATAN. BERBAGAI FASE TELAH DILEWATI KAMMI DENGAN
SUKA DAN DUKA NEGERI INI. NEGERI INI TELAH MENDEWASAKAN KAMMI DAN KADER-KADERNYA.
DAN FORMULA BARU YANG DITAWARKAN PUN MENJADI SEBUAH MAINSTREM BARU
UNTUK MERESTORASI NEGERI INI KE ARAH YANG LEBIH BAIK. ICON “MUSLIM NEGARAWAN”
YANG MENJADI TAWARAN KEPEMIMPINAN INDONESIA
BARU MENJADI TITIK AWAL. KARENA KAMMI YAKIN BAHWA YANG SUDAH SAATNYA
“ANAK NEGERI” MENGAMBIL TANGGUNG JAWAB INI. ICON MUSLIM NEGARAWAN MENJADI
SEBUAH BAHASA TRASNFORMASI DEMOKRASI TRANSAKSIONAL MENJADI DEMOKRASI
SUBTANSIAL. DEMOKRASI YANG BUKAN BERBICARA TENTANG KESEIMBANGAN LEMBAGA-LEMBAGA
NEGARA MELAINKAN DEMOKRASI YANG MERAKYAT DAN SEJAHTERA, AMAN DAN BERMARTABAT DAN SIAP MENJADI KOMPETITIF TERBAIK
DI KANCAH GLOBAL. ICON INI MENURUT
PENULIS ADALAH SEBUAH IDEOLOGI DASAR DALAM PERJUANGAN KAMMI. MICROSOFT
ENCARTA ENCYLOPEDIA (2003) MENJELASKAN
BAHWA IDEOLOGI MERUPAKAN SUATU SISTEM KEPERCAYAAN YANG MEMUAT
NILAI-NILAI DAN IDE-IDE YANG TERORGANISIR SECARA RAPI, SEBAGAI FILSAFAT, SAINS,
PROGRAM SOSIAL EKONOMI POLITIK YANG MENJADI PANDANGA HIDUP, ATURAN BERPIKIR,
MERASA, DAN BERTINDAK INDIVIDU, ATAU KELOMPOK AKAN DIDAPATI MAKNA YANG LEBIH
LUAS, TIDAK SEKEDAR IDEOLOGI MELAINKAN JUGA PRINSIP DAN SISTEM KEHIDUPANNYA.
PANDANGAN DI ATAS MENURUT PENULIS MERUPAKAN PRINSIP TERSISTEM DAN SALING
BERHUBUNGAN SATU DENGAN YANG LAIN. PRINSIP TERSISTEM TERSEBUT AKAN MENYATU DAN
MEMBENTUK KEPADUAN WARNA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT BARU, CIVIL SOCIETY .
TRANSISI
DEMOKRASI DI NEGERI TERUS BERLANJUT AKIBAT KEPEMIMPINAN YANG MANDUL. PASCA KEMUNDURAN
SUHARTO OLEH DESAKAN MAHASIWA SE-NUSANTARA, KITA TELAH MELEWATI MASA-MASA TRANSISI
TERSEBUT. HABIBIE YANG MEWAKILI KAUM INTELEKTUAL HANYA MENJADI TUMBAL KETIKA
MENJADI PRESIDEN. KEMUDIAN GUS DUR YANG MEWAKILI KAUM SANTRI, PUN DIBUAT SAMA
DENGAN PENDAHULUNYA. MEGAWATI PUN MENGALAMI MASA-MASA YANG TAK JAUH BERBEDA.
RATA-RATA JUMLAH KEKUASAAN MEREKA SEBAGAI PRESIDEN TIDAK LEBIH DARI MASA YANG
SEHARUSNYA. SEHINGGA HASIL PEMERINTAHANNYA HANYA TERBUANG PERCUMA. RAKYAT INDONESIA
KEMBALI MENEMUKAN MOMENTUM DENGAN TERPILIHNYA SBY SEBAGAI PRESIDEN PERTAMA YANG
DIPILIH SECARA LANGSUNG OLEH RAKYAT. RAKYAT PUN MENIKMATI. TAPI TIDAKLAH LAMA,
PEMERINTAHAN SBY DAN PARTAI PENGUASA PUN BERMAIN SEBELAH TANGAN. HARAPAN UNTUK
MENEGAKKAN AMANAH REFORMASI MENJADI MANDUL. TRANSISI PUN BERLANJUT. MAKA, WAJAH
BARU DEMOKRASI TERSEBUT BERAKHIR DENGAN
DEMOKRASI BERGANDA.
ARAH
PERJUANGAN KAMMI…
MENGUTIP
PENDAPAT ANDI RAHMAT, KEHENDAK UNTUK MENEMPATKAN DIRI SECARA SIGNIFIKAN DALAM
SETIAP PERISTIWA POLITIK DALAM KERANGKA PERUBAHAN MENUNJUKAN KEBUTUHAN YANG
MENDASAR TERHADAP SATU IDEOLOGI POLITIK YANG KUAT.
SEMASA AWAL
KELAHIRANNYA, USIA KAMMI SAMA DENGAN USIA ERA REFORMASI. 16 TAHUN BERKARYA SUDAH
BANYAK GAGASAN-GAGASAN PROGRESIF YANG DICIPTAKAN. HAL YANG TAK TERLUPAKAN
ADALAH KAMMI DI SEPULUH TAHUN PERTAMA
BERHASIL MENEMPATKAN DIRI SEBAGAI ICON GERAKAN REFORMASI. PRESTASI
INILAH YANG HARUS DIPERTAHANKAN DAN
TERUS DISEMPURNAKAN SESUAI SPIRIT YANG DIBANGUN. KINI KAMMI BERADA DALAM RUANG
REFORMASI JILID KEDUA. KAMMI HIDUP DALAM ERA TERBUKA. HIDUP DI ERA AKUMULASI 3
MOMENTUM SEJARAH: MOMENTUM PERGESERAN PERADABAN GLOBAL, MOMENTUM KEBANGSAAN,
DAN MOMENTUM SEJARAH BARU GERAKAN MAHASISWA, SEHINGGA DESAIN AGENDA KERJA MASA
DEPAN HARUSLAH SEMAKIN KOMPLEKS. TANTANGAN KAMMI SEBAGAI GERAKAN KAUM MUDA,
GERAKAN KEBANGSAAN DAN GERAKAN KEUMATAN HARUSLAH SALING BERSINERGI.
CATATAN SEJARAH
KAMMI DAN BANGSA INI SALING BERPADU. KAMMI YAKIN BILAMANA SIKLUS SEJARAH
MENGANUT HUKUM PERGILIRAN PERADABAN,
MAKA KAMMI DAN IDEOLOGINYA YANG KINI HARUS MERAIH TAMPUK SOKO GURU PERADABAN YANG
DIMAKSUD. SEHINGGA KOMBINASI NILAI-NILAI MORALITAS IDEALISME
DENGAN GERAKAN YANG SECARA PRAKTIS MEMBERIKAN NILAI MANFAAT YANG DAPAT
DIRASAKAN OLEH MASYARAKAT BANGSA DAN DUNIA PADA UMUMNYA. BUKAN MEMUAT
NILAI-NILAI MORALITAS YANG BERSIFAT IDEALISME. DENGAN ADANYA MEKANISME RAPI KE
ARAH PERUBAHAN, KAMMI MENDESAIN PERANANNYA TERSEBUT. SETELAH MEMBUAT SEJARAH DI
SEPULUH TAHUN PERTAMA, MAKA KARYA SELANJUTNYA DINANTI OLEH SEMUA GENERASI
PERINDU KESEJAHTERAAN. SAATNYA BERBICARA TENTANG CITA-CITA BESAR MASA DEPAN
SEHINGGA KITA BERHAK MENJADI OTAK, PUNGGUNG DAN JIWA INDONESIA BARU. SEBAB
BERBICARA MASA LALU ADALAH SEBUAH KETERLAMBATAN. PERAN KAMMI DI ERA REFORMASI
II INI MENURUT RIJALUL IMAM ADA 3 YAKNI: MEMBANGUN KESADARAN SEJARAH, KAMMI
SADAR. KAMMI ADALAH BAGIAN SEJARAH DARI MATA RANTAI SEJARAH PERJUANGAN UMAT
ISLAM, BANGSA INDONESIA, DAN GERAKAN MAHASISWA. KARENA ITU MASA DEPAN GERAKAN
ADALAH MENGEMBAN CITA-CITA YANG DITITIPKAN SEJARAH ISLAM, NUSANTARA, DAN
GERAKAN MAHASIWA. KEDUA, KONDISI AKTUAL,
KAMMI HADIR DI ERA TERBUKA, MASYARAKAT YANG KRITIS, PERSAINGAN ANTAR NEGARA,
HINGGA HEGEMONI KORPORASI GLOBAL TERHADAP NEGARA-NEGARA YANG DIKENDALIKAN OLEH
PIHAK-PIHAK TERTENTU YANG TAMPAK DAN TERSEMBUNYI. KETIGA, PERKEMBANGAN KAPASITAS
GERAKAN, KAMMI TIDAK MUNGKIN MELAKUKAN PERBUATAN DILUAR KAPASITAS GERAKANNYA.
KAMMI SELALU MENYADARKAN GERAKANNYA PADA
KAPASITAS DIRINYA SEBAGAI KAUM MUDA DAN MAYORITAS MAHASISWA. MAKA,
DENGAN SEGALA POTENSINYA, TERUS MELAKUKAN UP-GRADE ATAS KINERJA DAN PERFOMA
GERAKANNYA SEIRING DENGAN KUALITAS MAHASISWA YANG MASUK KE KAMMI DAN JUMLAH
ALUMNI YANG KIAN BERTAMABAH.
DAMBAAN KAMMI
ADALAH MENJADIKAN NEGERI INDONESIA MENJADI NEGERI “ BALDATUN THAYYIBATUN WA RABBUN GHAFUR
(Q.S.SABA: 15) KITA MENGINGINKAN AGAR MASYARAKAT KITA DIATUR TUHAN DAN
MENDAPATKAN KEMELIMPAHAN BERUPA KESEJAHTERAAN DAN KENIKMATAN SPIRITUAL. SUDAH SAATNYA KAUM MUDA MELUKIS MASA DEPAN
GENERASINYA. WALLAHU ALAM…
Komentar
Posting Komentar